Sakit Buang Air Kecil Disebabkan Penyakit Kencing Nanah (Gonore)

Penyakit menular seksual yang dikenal dengan istilah (PMS) sangat populer di Indonesia salah satunya adalah penyakit kencing nanah (gonore). Angka kejadian penyakit ini terus mengalami peningkatan di Indonesia bahkan di seluruh dunia. Penderita paling banyak dijumpai pada remaja dan dewasa muda. Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan aktivitas seksual yang cukup tinggi. Apakah yang dimaksud dengan penyakit kencing nanah (gonore) ?, Apa penyebab penyakit kencing nanah (gonore) ?, Bagaimana penularan penyakit gonore ?, Apa tanda-tanda dan gejala penyakit gonore?, Apa bahaya dan komplikasi penyakit kencing nanah (gonore) apabila tidak segera diobati?, Bagaimana pengobatan penyakit kencing nanah (gonore) di klinik pandawa ?

Apakah Yang Dimaksud Dengan Penyakit Kencing Nanah (Gonore) ?

Gonore adalah penyakit menular seksual (PMS) yang disebabkan oleh bakteri yang disebut Neisseria gonorrhoeae yang cenderung menginfeksi area yang hangat dan lembab pada bagian tubuh. Siapa pun yang aktif secara seksual dapat dengan mudah tertular penyakit ini baik laki-laki ataupun perempuan. Infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae ini dapat menginfeksi area tubuh, seperti:

• uretra (tabung yang mengeluarkan air kencing dari kandung kemih)
  • mata
  • tenggorokan
  • vagina
  • dubur (anus)
  • pada saluran reproduksi wanita yaitu : saluran tuba, leher rahim, dan rahim

penyakit ini berpindah dari orang ke orang melalui seks oral, anal, atau vaginal tanpa kondom. Orang-orang dengan banyak pasangan seksual atau mereka yang tidak menggunakan kondom memiliki risiko infeksi terbesar untuk terkena gonore. Perilaku lain termasuk penyalahgunaan alkohol dan penyalahgunaan obat-obatan terlarang, atau obat intravena juga dapat meningkatkan terjadinya gonore.

Apa Penyebab Penyakit Kencing Nanah (Gonore) ?

Penyakit kencing nanah disebabkan oleh bakteri atau sel hidup kecil yang disebut juga dengan Neisseria gonorrhoeae. Bakteri tersebut bisa hidup di uterus (rahim), leher rahim (pintu masuk ke rahim), uretra (tabung di mana urin datang keluar), rektum (bagian belakang), tenggorokan dan sesekali matanya. Siapa pun yang aktif secara seksual dapat dengan mudah mendapatkan dan mewariskan kencing nanah. Anda tidak perlu memiliki banyak pasangan seksual.

Bagaimana Penularan Penyakit Gonore ?

Penyakit kencing nanah biasanya ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui kontak seksual. Anda bisa mendapatkan infeksi jika Anda bersentuhan dengan yang terinfeksi air mani (oral sex) atau kotoran yang terinfeksi dari vagina, tenggorokan atau rektum (bagian belakang). penyakit ini paling sering menyebar melalui:

• hubungan seks tanpa kondom, vagina atau anal
  • Oral seks (melalui mulut) tanpa kondom atau bendungan (lateks atau plastik persegi yang menutupi anus atau alat kelamin wanita)
  • berbagi mainan seks dan tidak mencucinya atau tutupi mereka dengan kondom baru setiap kali mereka digunakan.
  • Bisa ditularkan dari wanita hamil kepada bayinya
  • Pada wanita, bakteri dapat menyebar dari keputihan ke rektum atau anus
  • Jika bakteri kencing nanah bersentuhan dengan mata (jari-jari yang terinfeksi menyentuh bagian mata) dapat menyebabkan konjungtivitis (infeksi mata).
  • Penyakit gonorrhea tidak bisa ditularkan dengan berciuman, berpelukan, berbagi alat mandi, handuk, kolam renang, toilet kursi, berbagi cangkir, piring atau alat makan.

Apa Saja Tanda Dan Gejala Penyakit Gonore?

Sekitar setengah dari wanita dan satu dari sepuluh pria dengan penyakit ini  tidak akan memiliki tanda atau gejala yang jelas. Tanda dan gejala bisa muncul hingga 1–14 hari setelah kontak dengan penderita gonorrhea, berbulan-bulan kemudian, atau infeksi sampai menyebar ke bagian lain dari tubuh.

Gejala khusus penyakit kencing nanah dapat diperhatikan sebagai berikut :

Alat kelamin wanita :

• Keputihan yang tidak biasa dengan konsistensi tipis, berair, kuning atau hijau.
  • Nyeri saat buang air kecil.
  • Sakit perut bagian bawah atau nyeri tekan.
  • terjadi perdarahan hebat pada wanita di saat menstruasi atau ketika menggunakan kontrasepsi hormonal.

Alat kelamin laki-laki :

• Keputihan yang tidak biasa dari ujung peniss seperti, kuning atau hijau.
  • Nyeri saat buang air kecil.
  • Nyeri pada scrotum (buah zakar).

Bagian lain dari tubuh :

• Infeksi di rektum (bagian belakang) biasanya tidak memiliki tanda dan gejala tetapi mungkin menyebabkan nyeri, ketidaknyamanan atau keluarnya cairan pada anus.
  • Infeksi di tenggorokan biasanya tidak memiliki gejala.
  • Infeksi pada mata (konjungtivitis) dapat menyebabkan nyeri, bengkak, iritasi dan keluar cairan.

Apa Bahaya Dan Komplikasi Penyakit Kencing Nanah (Gonore) Apabila Tidak Segera Diobati?

Hanya beberapa orang yang memiliki penyakit kencing nanah akan mengalami komplikasi. Jika kencing nanah diobati lebih awal itu tidak mungkin menyebabkan masalah jangka panjang. Namun, tanpa pengobatan yang efektif maka infeksi dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh. Terlebih lagi jika seseorang memiliki kencing nanah semakin besar kemungkinan untuk mendapatkan komplikasi seperti :

• Pada wanita penyakit gonore dapat menyebar ke bagian organ reproduksi lain yang menyebabkan penyakit radang panggul (PID), nyeri panggul jangka panjang, aluran tuba yang tersumbat, infertilitas dan kehamilan ektopik (ketika kehamilan berkembang di luar rahim). PID dapat menyebabkan sakit parah dan kronis serta merusak organ reproduksi wanita yang disebabkan oleh penyakit menular seksual lainnya.
  • Dapat terjadinya infeksi bahkan atau kerusakan pada bagian parut dan tuba falopi wanita. Sehingga dapat mencegah kehamilan (mandul) di masa depan.
  • Infeksi juga dapat terjadi pada bayi yang baru lahir selama persalinan. Yang menyebabkan bayi ikut terular dan mengalami kebutaan saat melewati jalan lahir.
  • Pada pria, dapat menyebabkan rasa sakit, infeksi pada testis, dan berkuranngnya kesuburan.
  • Nyeri, radang sendi, tendon, dan kulit lesi.
  • Mengalami jaringan parut pada uretra dan kerusakan pada alat reproduksi
  • Mengembangkan abses atau nanah yang menyakitkan di bagian dalam penis
  • Infeksi dapat menyebabkan berkurangnya kesuburan atau kemandulan
  • Pada saat infeksi mulai menyebar pada aliran darah, baik pria maupun wanita dapat mengalami radang sendi, kerusakan katup jantung, radang selaput otak, dan sumsum tulang belakang.

Bagaimana Pengobatan Penyakit Kencing Nanah (Gonore) Di Klinik Pandawa ?

Kami klinik pandawa yang berada dijakarta pusat memiliki banyak pasien dengan Penyakit Kencing Nanah (Gonore) disertai berbagai komplikasi dan penyebab. Klinik Pandawa juga memiliki dokter ahli dan berpengalaman dalam menangani Penyakit Kencing Nanah (Gonore) ataupun penyakit kelamin lainnya. Banyak pasien yang telah berhasil disembuhkan dan menyatakan puas dengan pelayanan medis yang kami berikan.

Perlu anda ketahui beberapa keunggulan klinik pandawa dibandingkan klinik lainnya yang setara antara lain :

• Memiliki dokter ahli dan berpengalaman
  • Memiliki ruangan full AC
  • Parkir luas dan gratis
  • Memiliki laboratorium dan apotik
  • Biaya relatif murah dan terjangkau
  • Memiliki alat medis modern termasuk alat laser, USG, Rontgen.

Apabila anda membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut, silahkan anda bisa berkonsultasi online gratis dengan dokter kami dengan cara klik tombol Whatsapp / SMS / Telp pada web. Kami dengan senang hati melayani anda. Segala rahasia medis anda akan terjamin.