tumor kulit

Tumor Kulit

Tumor kulit adalah kelainan pada sel kulit yang dipengaruhi oleh mutasi pada DNA sel, yang membuat pertumbuhan sel cepat, usia sel lebih panjang dan sel kehilangan sifat dasarnya. Kanker kulit umumnya terjadi pada bagian kulit yang sering terkena sinar matahari, namun kondisi ini juga dapat terjadi pada bagian kulit yang tidak terkena sinar matahari secara langsung dan terus menerus.

Jenis-Jenis Tumor Kulit Yang Jinak

Keratosis Seboroik adalah jenis tumor jinak pada kulit yang sering menyerang para orang tua atau lansia, biasanya penyakit tumor jinak tersebut berbentuk hitam seperti tahi lalat.

Veruka Vulgaris merupakan jenis tumor jinak di kulit yang sering menyerang anak-anak, namun banyak juga orang dewasa yang terserang tumor jenis ini, benjolan yang muncul sebesar pentol korek, akan tetapi lama kelamaan akan berkembang dan berwarna kecoklatan.

Acrochordon (skin tag) merupakan sebuah pertumbuhan jaringan epitel kulit yang abnormal. Jenis penyakit tumor jinak pada kulit satu ini sering menyerang berbagai macam golongan usia, mulai anak-anak, remaja hingga kaum dewasa, warna yang sering menonjol adalah warna seperti daging yang masih segar.

Tumor Jinak Pada Kulit Disebabkan Dari:

1. Faktor Internal. – Terjadinya imunitas dibawah ambang batas normal – Katurunan atau genetik – Pengaruh hormonal – Ras atau suku (banyak terjadi pada ras kulit putih)

2. Faktor Eksternal – Sering terpapar sinar matahari (UVA/UVB). – Terpapar sinat X-Ray ataupun radiologi dalam waktu yang relatif lebih lama. – Seringnya mengonsumsi obat-obatan kimia yang mengandung seperti plumbum, berilium, arsen, cadmium, merkuri, dan logam-logam berat lainya. – Adanya jaringan parut yang sudah lama muncul, seperti akibat luka operasi ataupun luka bakar yang sangat parah

Cara Untuk Mengobati Tumor Jinak

  1. Pembekuan Tumor jinak yang kecil bisa diobati dengan pembekuan oleh larutan nitrogen, baik dalam bentuk semprotan atau dioleskan dengan kapas. Setelah pemberian nitrogen, akan terjadi pembengkakan dengan atau tanpa lepuhan, yang selanjutnya akan mengering dan membentuk keropeng dalam waktu sekitar 2 minggu.
  2. Kuret Cara ini kadang digunakan untuk tumor jinak yang lebih tebal. Penyembuhan biasanya terjadi dalam waktu 3 minggu dan meninggalkan jaringan parut yang tidak terlalu mengganggu penampilan.
  3. Eksisi Tumor kulit disayat membentuk elips dan bekas sayatan dijahit. 1 minggu kemudian jahitan diangkat dan akan meninggalkan jaringan parut berbentuk garis.
  4. Radioterapi Kadang keratoakantoma yang besar diobati dengan penyinaran. Pengobatan ini tidak menimbulkan nyeri dan penyembuhan akan terjadi beberapa minggu sesudahnya.

Jenis Jenis Kanker Kulit Atau Tumor Kulit Yang Ganas

  • Sel basal carcinoma Sel basal berada di bagian paling bawah dari jaringan epidermis. Kanker pada bagian ini paling sering terjadi. Bagian tubuh yang sering diserang adalah leher dan kepala. Pertumbuhan kanker basal sel carcinoma sangat lambat dan sulit untuk menyebar ke bagian tubuh lainnya.
  • Actinis Keratosis Kanker kulit yang terjadi pada tahap awal biasanya adalah actinis keratosis, dimana ada area kecil dengan warna pink akibat terkena paparan sinar UV secara langsung. Kondisi kulit ini dapat berkembang lebih serius.
  • Sel squamous carcinoma Sel squamous terletak pada bagian tengah dari lapisan epidermis. Karsinoma pada bagian ini lebih berbahaya daripada kanker sel basal. Warnanya merah, biasanya terjadi pada tangan, leher, kepala, telinga, dan bibir. Terkadang kanker ini memiliki bentuk awal yang mirip dengan kanker lainnya. Baca Juga Cara Herbal Aman Mengobati Kanker Kulit.
  • Melanoma Merupakan Jenis Tumor Ganas dikulit yang jarang terjadi tetapi sangat berbahaya. Penelitian medis menunjukkan bahwa kanker melanoma merupakan jenis paling berbahaya. Bahkan, lebih dari 75 persen pasien mengalami kematian akibat kanker melanoma. Jenis kanker ini terjadi pada wilayah yang membentuk pigmen dan cekungan berpola tertentu.
  • Kaposi’s sarcoma Meskipun bukan tergolong kanker kulit, kanker sarkoma dapat menyebabkan luka pada kulit dengan warna merah agak kecoklatan hingga biru. Kanker ini sering menyerang kaki. Faktor penyebab kanker ini biasanya virus herpes pada pengidap HIV Aids.faatnya buat Kita Semua

Penyebab Tumor Kulit Ganas

Sebenarnya penyebab tumor ganas pada kulit hampir mirip dengan penyabab yang dialami oleh tumor jinak. Kulit tubuh merupakan tameng pertama yang menjaga tubuh kita dari semua bentuk gangguan dari luar, seperti infeksi bakteri atau hilangnya cairan. Epidermis merupakan lapisan terluar dari kulit yang bersentuhan langsung dengan lingkungan dan benda asing. Meskipun regenerasi sel pada epidermis terus terjadi dengan rutin, tetapi lapisan ini dapat dirusak oleh paparan sinau UV, luka, atau infeksi bakteri. dan berikut faktor penyebab kanker kulit :

  • Faktor keturunan (genetik).
  • Paparan sinar matahari dalam waktu lama dan terus-menerus.
  • Akibat cangkok organ. Umur mencapai 40 tahun atau lebih.
  • Warna kulit yang cerah seperti kuning langsat.

Diagnosa

Klinik Pandawa menyediakan layanan kesehatan medis yang menangani masalah penyakit seputar andrologi, ginekologi, bedah kecil, Pengencangan – operasi selaput dara, kulit & kelamin. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar penyakit yang anda rasakan, Anda bisa menghubungi kami di 021-62313337 atau 081386357762. Kunjungi kami, alamat : Gedung Baja lantai GF2 Tower B  jalan Pangeran Jayakarta no.55 kelurahan Mangga Dua Selatan kecamatan Sawah Besar Jakarta Pusat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *