vaginitis

Penyebab Vaginitis Pada Wanita

Apa Penyebab Vaginitis Pada Wanita

Penyebab Vaginitis Pada WanitaVaginitis, dapat disebut juga vulvovaginitis, kondisi ini mencakup berbagai kelainan yang menyebabkan infeksi, pembengkakan pada vagina atau vulva wanita. Penyebab dari vaginitis bisa meliputi bakteri, infeksi jamur, ataupun virus. Hal ini juga bisa dilalui di antara pasangan seksual. Kekeringan pada vagina akibat kekurangan estrogen yaitu, senyawa steroid yang mempunyai fungsi utama sebagai hormon seks pada wanita. Hal tersebut bisa menjadi penyebab terjadinya vaginitis.

Gejala

Gejala seperti ini dapat juga berbeda beda dengan wanita yang lain, tergantung dari penyebab infeksinya. Beberapa dari wanita tidak memiliki gejala, dan vaginitis terdeteksi selama pemeriksaan ginekologi. Gejala umum ini, seperti :

• Keputihan yang berbau.
  • Gatal atau bengkak pada bagian luar vagina.
  • Rasa terbakar saat buang air kecil.
  • Sakit atau tidak nyaman saat anda melakukan hubungan seksual.

Jenis vaginitis dapat bervariasi, seperti ;

• Bacterial vaginosis, seperti mengeluarkan cairan yang berwarna putih keabuan dan berbau busuk. Vagina Anda mungkin berbau amis dan lebih jelas setelah anda melakukan hubungan seksual.
  • Infeksi jamur, seperti gatal-gatal tetapi, Anda juga memiliki cairan putih dan kental di vagina.
  • Trichomoniasis, hal ini menyebabkan cairan berwarna kuning kehijauan, kadang berbusa.

Penyebab

Jenis vaginitis ditentukan berdasarkan penyebabnya yang sebagian besar dapat berupa :

• Infeksi jamur atau bakteri. Normalnya vagina memiliki sebagian kecil sel jamur atau bakteri tanpa menyebabkan gangguan apapun. Tetapi infeksi akan terjadi jika jamur atau bakteri tersebut berkembang biak tanpa terkendali.
  • Mempunyai penyakit infeksi menular seksual (IMS), hal ini ialah dampak dari berhubungan seksual yang kotor.
  • Iritasi bahan kimia, seperti kandungan sabun, pewangi pakaian, atau kondom yang memicu reaksi alergi.
  • Membasuh bagian dalam vagina.
  • Atrofi vagina, yaitu penipisan dinding vagina karena penurunan kadar estrogen setelah menopause.

Pemicu Yang Dapat Meningkatkan Kondisi Ini

• Berubahnya hormon, seperti yang terkait pada kehamilan, pil KB dan menopause
  • Memiliki infeksi menular seksual.
  • Obat-obatan, seperti antibiotik dan steroid (senyawa organik lemak sterol).
  • Penggunaan spermisida (alat kontrasepsi yang mengandung bahan kimia non oksinol-9 yang digunakan untuk membunuh sperma) untuk pengendalian kelahiran.
  • komplikasi diabetes.
  • Membilas atau mencuci vagina dengan cara menyemprotkan air atau cairan lain (kimia) ke dalam vagina.
  • Mengenakan pakaian yang terlalu ketat.

Pencegahan

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu menurunkan kemungkinan terkena kondisi ini. Kebersihan pribadi yang baik itu penting, dan hindari mengenakan jeans ketat juga dapat membantu menurunkan risiko terkena infeksi ragi. Jangan menyemprot atau menggunakan semprotan vagina atau sabun wangi di daerah vagina. Hal ini dapat menyebabkan iritasi. Lakukan seks yang lebih aman untuk menurunkan risiko infeksi menular seksual.

Kunjungi Klinik Kami Jika Anda Merasakan, Seperti ;

• Cairan pada vagina bertambah banyak, serta memiliki warna yang tidak normal, dan berbau dan berbeda dari biasanya.
  • Merasakan gatal, perih, bengkak, atau nyeri pada sekitar area vagina atau luar vagina.
  • Sakit saat hendak buang air kecil.
  • Tidak nyaman atau merasa sakit setelah berhubungan seksual.

Diagnosa

Pandawa Clinic menyediakan layanan kesehatan medis yang menangani masalah penyakit seputar vaginitis. Tidak hanya itu kami mempunyai pelayanan medis lengkap seputar perawatan kesehatan organ intim pria (Andrologi), Wanita (Ginekologi), Bedah umum (Operasi selaput dara), dan Kulit kelamin (Pengobatan penyakit menular seksual). Jika Anda mempunyai pertanyaan ataupun keluhan seputar penyakit yang anda rasakan terkait vaginitis, Anda bisa menghubungi kami di 081386357762, untuk langsung berkonsultasi dengan ahli medis kami. Kunjungi kami yang bertempat di Jl.Pangeran Jayakarta No.55 Gd Baja lt GF2 Tower B, Jakarta Pusat. Pandawa Clinic didirikan dengan berbadan hukum PT. PANDAWA MITRA MEDIKA dengan ijin NOMOR. 3/B.6.0/31.71.02/-1.779.3/2017. Operasional dari PTSP DKI Jakarta Pusat dan Dinas Kesehatan Jakarta Pusat.

Keunggulan Pandawa Clinic

1. Kami mempunyai dokter yang berpengalaman, ahli dan professional di bidang tersebut.
  2. Didukung oleh paramedis yang terampil dan bersertifikat.
  3. Mempunyai peralatan medis standard dan modern.
  4. Didukung juga oleh apotek, laboratorium dan USG.
  5. Ruangan Full AC dan modern dengan berbagai fasilitas.
  6. Lahan parkir luas dan gratis.
  7. Lingkungan yang bersih dan ramah.
  8. Dekat dengan segala pusat perbelanjaan.
  9. Bisa konsultasi dokter online gratis via telpon / Whatsapp.
  10. Bisa reservasi online via Whatsapp.
  11. Biaya murah dan terjangkau bagi semua tingkatan / kalangan sosial ekonomi.
  12. Pembayaran biaya konsultasi dokter dan registrasi cukup sekali dan selanjutnya free kontrol.

Saran Kami

Jaga kesehatan reproduksi Anda dalam kondisi yang baik dengan mengikuti tips di atas. Merawat tubuh Anda dengan benar dan menjaga pola makan yang sehat, melakukan seks yang aman dan menghindari sabun yang keras apalagi yang mengandung bahan kimia. Jalani pengecekan rutin ke dokter khusus spesialis andrologi atau ginekolgi secara teratur, terutama jika Anda melihat atau merasakan masalah apapun pada reproduksi anda.

Kami harap informasi ini dapat membantu menjaga Anda dalam kesehatan yang baik. Jika Anda memiliki masalah kesehatan atau reproduksi pertanyaan terkait kesehatan reproduksi, menjadwalkan janji atau hubungi kami di 081386357762, adalah solusi tepat. Memberikan pelayanan kesehatan yang prima, modern dan profesional dengan mengutamakan hati dan kasih sayang terhadap pasien dengan menjunjung tinggi privasi, hak dan kewajiban pasien merupakan prioritas utama kami, salam hangat kami Pandawa Clinic.