vaginitis

Vaginitis

Vaginitis, juga disebut vulvovaginitis, Istilah ini mencakup berbagai kelainan yang menyebabkan infeksi atau pembengkakan pada vagina dan / atau vulva wanita. Penyebab vaginitis bisa meliputi bakteri, infeksi jamur, atau virus. Hal ini juga bisa dilalui di antara pasangan seksual. Kekeringan vagina akibat kekurangan estrogen bisa menjadi penyebab terjadinya vaginitis.

Gejala Dari Vaginitis

Gejala vaginitis bisa berbeda dengan wanita yang lain, tergantung dari penyebab infeksinya. Beberapa wanita tidak memiliki gejala, dan vaginitis terdeteksi selama pemeriksaan ginekologi. Gejala umum ini, seperti :

• Keputihan yang berbau.
  • Gatal atau bengkak pada bagian luar vagina.
  • Rasa terbakar saat buang air kecil.
  • Sakit atau tidak nyaman saat anda bersenggama.

Penyebab Vaginitis

Jenis vaginitis ditentukan berdasarkan penyebabnya yang sebagian besar dapat berupa :

• Infeksi jamur atau bakteri. Pada kondisi normal, vagina memang memiliki sebagian kecil sel jamur atau bakteri tanpa menyebabkan gangguan apa pun. Tetapi infeksi akan terjadi jika jamur atau bakteri tersebut berkembang biak tanpa terkendali.
  • Penyakit menular seksual, seperti trikomoniasis, klamidia, dan herpes genital.
  • Iritasi akibat bahan-bahan kimia, misalnya karena kandungan sabun, pewangi pakaian, atau kondom yang memicu reaksi alergi.
  • Membasuh bagian dalam vagina.
  • Atrofi vagina, yaitu penipisan dinding vagina karena penurunan kadar estrogen setelah menopause.

Pencegahan Vaginitis

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu menurunkan kemungkinan terkena vaginitis. Kebersihan pribadi yang baik itu penting, dan hindari mengenakan jeans ketat juga dapat membantu menurunkan risiko terkena infeksi ragi. Jangan menyemprot atau menggunakan semprotan vagina atau sabun wangi di daerah vagina. Hal ini dapat menyebabkan iritasi. Lakukan seks yang lebih aman untuk menurunkan risiko infeksi menular seksual.

Diagnosa

Klinik Pandawa menyediakan layanan kesehatan medis yang menangani masalah penyakit seputar andrologi, ginekologi, bedah kecil, Pengencangan – operasi selaput dara, kulit & kelamin. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar penyakit yang anda rasakan, Anda bisa menghubungi kami di 021-62313337 atau 081386357762. Kunjungi kami, alamat : Gedung Baja lantai GF2 Tower B  jalan Pangeran Jayakarta no.55 kelurahan Mangga Dua Selatan kecamatan Sawah Besar Jakarta Pusat.