vulvitis

Vulvitis

Vulvitis adalah suatu peradangan pada vulva atau organ kelamin luar wanita. Sedangkan Vulvovaginitis adalah peradangan pada vulva dan vagina. Gejala yang paling sering ditemukan adalah keluarnya cairan abnormal dari vagina, dikatakan abnormal jika jumlahnya sangat banyak serta baunya sangat menyengat atau disertai gatal dan nyeri. Cairan abnormal sering tampak lebih kental dibandingkan dengan cairan normal dan warnanya bisa bemacam-macam, misalnya seperti keju atau kuning kehijau-hijauan atau kemerah-merahan.

Penyebab Vulvitis

• Penggunaan kertas toilet berwarna atau wangi
  • Reaksi alergi terhadap sabun atau sabun busa yang digunakan untuk membersihkan area genital
  • Penggunaan semprotan atau douching vagina
  • Iritasi oleh kolam renang terklorinasi atau air bak mandi air panas
  • Reaksi alergi terhadap spermisida
  • Reaksi alergi terhadap pembalut wanita
  • Mengenakan pakaian dalam sintetis atau pantyhose nilon tanpa selangkangan katun bernoda
  • Mengenakan baju renang basah untuk waktu yang lama
  • Sepeda atau menunggang kuda
  • Infeksi jamur atau bakteri termasuk kudis atau kutu kemaluan
  • Herpes
  • Kondisi kulit seperti eksim atau dermatitis

Gejala Vulvitis

• Rasa gatal yang ekstrem dan konstan
  • Sensasi terbakar di daerah vulva
  • Pelepasan vagina
  • Retakan kecil pada kulit vulva
  • Kemerahan dan bengkak pada vulva dan labia (bibir vagina)
  • Melepuh pada vulva
  • Bercak putih keputihan pada vulva

Gejala vulvitis juga dapat menunjukkan kelainan atau penyakit lain pada alat kelamin. Jika Anda mengalami gejala-gejala ini, Anda harus segera melakukan pengobatan.

Diagnosa

Klinik Pandawa menyediakan layanan kesehatan medis yang menangani masalah penyakit seputar andrologi, ginekologi, bedah kecil, Pengencangan – operasi selaput dara, kulit & kelamin. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar penyakit yang anda rasakan, Anda bisa menghubungi kami di 021-62313337 atau 081386357762. Kunjungi kami, alamat : Gedung Baja lantai GF2 Tower B  jalan Pangeran Jayakarta no.55 kelurahan Mangga Dua Selatan kecamatan Sawah Besar Jakarta Pusat.