Waspada! Bahaya Herpes Genital (Herpes Simplex) yang Bisa Mematikan

Bahaya Herpes Genital

Herpes genital (Herpes Simplex) adalah penyakit menular seksual pada pria dan wanita, yang menyebabkan luka melepuh seperti luka sariawan di area kelamin. Namun, penderita herpes genital juga bisa tanpa gejala.  Bahaya Herpes Genital atau kelamin memang tidak berbahaya jika tidak ditangani akan beresiko mematikan.

Penyakit herpes kelamin disebabkan oleh Virus Herpes Simpleks yang dapat menyebabkan luka di bagian tubuh mana saja. Virus Herpes Simpleks dibedakan atas dua tipe, yaitu HSV tipe 1 dan HSV tipe 2.  HSV tipe 1 umumnya ditularkan melalui ciuman atau berbagi benda pribadi seperti sikat gigi. Itu sebabnya, HSV 1 sering kali menyebabkan luka di bagian mulut atau lidah (luka dingin). Sedangkan HSV tipe 2, umumnya menyerang area genital sebab hampir kebanyakan kasus herpes ini ditularkan melewati hubungan seksual.

Penyebab Herpes Genital

Penyebab Herpes genital atau herpes kelamin disebabkan oleh virus herpes simpleks (HSV) yang menular melalui hubungan seksual, baik melalui vaginal, oral (mulut), maupun anal (anus).

Penyebaran herpes genital terjadi melalui kontak langsung dengan luka, cairan air liur (ludah), atau cairan kelamin dengan orang yang sudah terinfeksi oleh HSV. Oleh sebab itu, seseorang yang suka bergonta-ganti pasangan seksual memiliki resiko lebih besar tertular herpes genital atau herpes kelamin.

Kasus Herpes Genital sering ditemukan pada usia dewasa muda (20-40 tahun). Usia termuda pasien Herpes Genital biasanya ditemukan di usia 16 tahun dan untuk tertua usia 64 tahun.

Apa Gejala Herpes Genital?

Gejala herpes genital adalah:

• Nyeri atau gatal di alat kelamin atau bokong.
  • Timbul benjolan merah kecil atau lenting putih kecil.
  • Adanya luka yang terbentuk setelah lenting pecah.
  • Setelah luka sembuh akan terbentuk koreng.
  • Rasa nyeri saat buang air kecil.
  • Timbul gejala seperti flu, sakit kepala, nyeri otot, dan disertai demam.
  • Adanya pembengkakan kelenjar getah bening di lipatan paha.

Faktor pemicu Herpes Genital Kambuh

Bisa dipicu karena faktor seperti:

• Stress.
  • Menderita penyakit lain.
  • Menjalani pembedahan.
  • Diet ketat.
  • Menstruasi.
  • Berhubungan seksual yang terlalu melelahkan.

Apakah Herpes Genital mematikan?

Herpes genital memang tidak langsung mematikan. Namun, penyakit itu bersifat kronis dan bisa menimbulkan gangguan selama bertahun-tahun. Herpes Genital bersifat periodik, kemunculannya akan bertumpu dari daya tahan tubuh pasien itu sendiri sehingga jika dibiarkan dan tidak segera di obati bisa menimbulkan komplikasi dan bisa juga menyebabkan kematian. Bahaya Herpes Genital mematikan bila tak ditangani dengan tepat dan tuntas.

Bahaya Herpes Genital

Penyakit herpes genital berisiko menimbulkan komplikasi serius jika tidak segera ditangani dan tidak segera di obati. Bagi ibu hamil yang sudah terkena virus HSV akan sangat berbahaya bagi janinya karena bisa menyebabkan keguguran, kecacatan atau bayi lahir prematur. Ada beberapa bahaya yang dapat terjadi akibat herpes kelamin atau herpes genital, yaitu:

1. Beresiko terkena penyakit menular seksual lain
    Penderita herpes genital berisiko tinggi tertular penyakit menular seksual lainnya, seperti HIV. Risiko ini akan kian meningkat sekiranya penderita terkait seks tanpa kondom.
  1. Proktitis (radang rektum)
    Herpes genital bisa membikin dinding bagian akhir usus besar (rektum) mengalami peradangan. Situasi ini acap kali terjadi pada orang yang mengerjakan mengerjakan relasi seksual secara anal.
  1. Peradangan otak (Meningitis)
    Virus HSV bisa menyebar hingga menyebabkan peradangan selaput otak dan saraf tulang belakang (meningitis). Tetapi, hal ini jarang terjadi.
  1. Gangguan pada saluran kemih
    Luka pada herpes genital bisa menyebabkan peradangan di sepanjang kandung kemih. Akibatnya, saluran lubang kencing (uretra) bisa tertutup.
  1. Infeksi pada bayi baru lahir
    Bayi yang dilahirkan dari wanita penderita herpes genital bisa tertular virus ini pada saat persalinan. Situasi hal yang demikian bisa memunculkan kerusakan otak, kebutaan, atau kematian setelah lahir.

Pengobatan Penyakit Herpes Genital Di Klinik Pandawa Jakarta

Klinik Pandawa yang berada di Jakarta memiliki banyak pasien dengan gejala penyakit herpes dengan berbagai penyebab. Klinik Pandawa juga memiliki dokter spesialis dan berpengalaman bagaimana cara mengobati herpes dan menangani penyakit herpes ataupun penyakit kulit dan kelamin lainnya.

Banyak pasien yang telah berhasil disembuhkan dan mengucapkan puas dengan pelayanan medis yang kami berikan. Biaya berobat di Klinik Pandawa juga relatif terjangkau. Fasilitas yang dimiliki oleh Klinik Pandawa antara lain semua ruangan full AC, parkir luas dan gratis, tersedia laboratorium, apotek, memiliki alat medis modern termasuk alat laser.

Apabila membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi dengan dokter online gratis kami menghubungi 0821-1141-0672/ 021-62313337 Whatsapp / SMS / telp. Segala rahasia medis terjamin.